top of page

Sleepy Dryad

Kalian mungkin bertanya-tanya, apa sih Sleepy Dryad itu, siapa dan ngapain aja kerjanya? Dalam postingan pertama ini saya akan mengupas tuntas mengenai proses terjadinya Sleepy Dryad.

Pertama, kenapa namanya "Sleepy Dryad"...

Alkisah, ada sebuah filosofi mengenai benih. Kami percaya bahwa di dalam setiap benih ada roh yang tertidur, menunggu untuk dibangunkan dan diikutsertakan di dalam siklus kehidupan. Lahir, tumbuh, berbuah, mati dan menjadi bagian dari tanah, menyediakan nutrisi penyokong bagi banyak makhluk, dan dalam prosesnya memperbaiki banyak hal. Dalam skala kecil berarti menyuburkan tanah, dalam skala besar ...healing the world.

Misi Sleepy Dryad adalah memperkenalkan kembali "casual gardening", atau bahasa kerennya, tanam-tanam santai, yang bisa dilakukan oleh semua kalangan, tua muda, di kota, di gunung, di pesisir, bertanam di kebun, bertanam di pot, bahkan di pipa paralon (hidroponik).

Kami ingin agar semakin banyak orang yang dimudahkan dan makin ngga segan menjadi down-to-earth, melakukan kegiatan tanam-tanam dari yang paling simpel, yaitu untuk memenuhi kebutuhan dapur sendiri, atau menghias pekarangan.

Kenapa?.

karena itu adalah hal yang menyenangkan, and very rewarding.

Manfaat berkebun, dari kasual sampai dengan kelas berat.

  1. Anti-stress, kegiatan yang positif menjauhkan kita dari pikiran negatif.

  2. Sebagai selingan dari bekerja; menikmati warna hijau yang menyegarkan mata, membuat pikiran fresh dan ide-ide inspiratif mengalir dengan mudahnya.

  3. Berolah raga, dengan melakukan lebih banyak aktifitas fisik di kebun.

  4. Kualitas udara yang lebih baik di rumah Anda, karena tanaman menghasilkan O2 dari CO2.

  5. Manfaat Ekonomi, skala kecil untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

  6. Skala besar, membantu memenuhi kebutuhan banyak orang.

  7. Anti banjir, karena akar-akaran dapat mengikat tanah sehingga lebih kokoh, tidak mudah erosi dan lebih baik dalam menyerap kelebihan air.

  8. Lebih sehat, lebih panjang umur, berbeda dengan sayuran yang dikembangkan secara komersil, sayuran dari kebun sendiri dapat diatur agar tidak tercemar unsur kimia seperti pestisida, dll.

  9. Mendidik anak-anak; karena yang paling efektif adalah belajar dengan melihat dan melakukan langsung. Mengajarkan mereka untuk menjadi insan yang peka terhadap lingkungan sekitar, dan bertanggung jawab dengan memelihara apa yang mereka tanami sendiri.

Ada apa di balik Sleepy Dryad? (baca juga about us) Pertama, ada Adi yang bertanggung jawab di sosialisasi dan marketingnya sleepy dryad. Dia juga yang bertugas mengurus logistik dan foto-foto produk. Intinya bapak ganteng ini yang bertugas mengkapitalkan Sleepy Dryad agar roda kegiatan kami terus bergulir. Kedua, ada Indra (saya), sebagai gardener dan blogger. ("Halo, apa kabar?") Indra adalah ibu-ibu forever ngaku remaja jebolan desain grafis yang bertanggung jawab dengan desain sleepy dryad; menggunakan spesies hibrida persilangan antara childish dan feminin.

Lho, bukan pertanian? Sayang sekali bukan. But so far I have a decent harvest, dan kita bisa belajar bareng, gimana caranya menggunakan peralatan rumahan yang sama sekali tidak ribet. Apa yang saya lakukan di rumah pun mostly DIY. Sebenarnya ilmunya (ilmu dari para sarjana pertanian yg ramah, baik hati dan gemar menabung) sudah tersebar di internet, asalkan kamu mau dan rajin mencarinya.

Ah, ribet, harus searching sana sini. Ya. Makanya. Itulah gunanya blog ini, kalau saya menemukan sesuatu yang menarik, akan saya bagi di sini. Ketika menceritakan kembali I'll make it as simple as possible***. Kalau saya saja yang punya semi brown-thumb bisa, kamu juga bisa.

***Psst, nantinya bakal ada how to section yang 80% berupa gambar, jadi anak-anak kamu juga bisa belajar dari blog ini. Stay tune ya :)

Jadi gimana, kamu sudah pingin bercocok tanam?

Ok, langsung ke TKP aja. Jangan lupa ajak kakak adik, om tante, teman kantor, tetangga... capcus. Let's heal the world!

Follow Me
  • Facebook Social Icon
  • button_instagram
  • button_tokopedia
  • button_bukalapak
bottom of page