top of page

Coco Coir


Coco Coir memiliki banyak alias, antara lain Coco Peat, Serbuk Kelapa, bahkan Sabut Kelapa. Padahal Sabut Kelapa biasanya dipakai untuk menyebut Coco Peat yang terbuat dari bahan kulit kelapa tua, sementara Coco Peat yang lebih baik adalah yang terbuat dari akar pohon kelapa.

Serbuk kelapa baik digunakan sebagai media tanam karena karakteristiknya yang mampu mengikat dan menyimpan air, terutama untuk daerah panas atau curah hujan rendah.

Cocopeat juga mengandung unsur-unsur hara esensial, seperti kalsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (N), dan fosfor (P).

pH 5.5 to 6.5

Kelebihan-kelebihan Cocopeat antara lain:

+ PH netral + kaya unsur hara + menyimpan air 10x lebih banyak daripada tanah + menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur + meningkatkan sirkulasi oksigen bagi akar Sedangkan kekurangannya: - kelembaban yang terlalu tinggi dapat merugikan bagi tanaman tertentu (sebaiknya menggunakan mix media dengan sekam bakar atau perlite/vermiculite). Coco peat yang baik memiliki ciri sebagai berikut: - terbuat dari akar kelapa - memiliki pH netral 5.5 - 6.5 - memiliki kadar tanin yang lebih rendah (washed)

- berkadar garam (EC) rendah

- besaran partikel tidak terlalu besar - pure, artinya tidak banyak tercampur benda asing (umumnya pasir)

Follow Me
  • Facebook Social Icon
  • button_instagram
  • button_tokopedia
  • button_bukalapak
bottom of page