top of page

10 Tanaman Kelas Pemula untuk Ditanam dari Biji, versi Sleepy Dryad

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman..."

Ola, Sobat Bumi, masih ingat-kah dengan lirik lagu tahun 80-an di atas. Masa sih segampang itu bercocok tanam? Sungguh kok, semudah itu. Kalau tidak percaya, Sobat Bumi boleh mencoba tanaman-tanaman berikut ini.

1. Kangkung

Letakkan di air dan cek dalam tiga hari, pasti tumbuh. Selena benar-benar tidak dapat menemukan yang lebih mudah dari kangkung. Selama cukup air, kangkung akan terus tumbuh dan menghasilkan banyak daun. Lemparkan ke pinggir kali, kolam ikan, sawah, atau di manapun ada air, dia akan subur. Hampir tanpa perawatan.

2. Sawi

Mudah disemai di dalam atau luar ruangan. Yang penting media tanam lembab. Biasanya benih akan pecah dan kelihatan putih-putih dalam sehari, dan akan muncul akar kecil dalam dua hari. Cocok dipakai untuk ekstrakurikuler anak-anak, dan menghasilkan sesuatu yang bisa dimakan. Untuk pemula, disarankan memanen sawi sebagai microgreen, karena selain perawatannya mudah, panen lebih cepat, juga sawi muda rasanya lebih segar dan mengandung lebih banyak vitamin.

3. Bayam

Bayam juga termasuk tanaman yang mudah tumbuh di mana-mana. Benihnya dibawa oleh burung atau tertiup angin dan jatuh di tanah, lalu tumbuh. Tanpa perawatan. Tetapi, kalau Sobat Bumi mau, bisa juga merawatnya supaya hasilnya lebih baik dibanding bayam yang tumbuh liar.

4. Bunga Matahari

Benih Bunga Matahari segar sangat mudah untuk tumbuh. Selama ia ditempatkan di lokasi yang cukup mendapat sinar matahari (Helloooo... namanya saja Bunga Matahari :D) Tapi kalau benihnya impor, Sobat Bumi harus lebih banyak bersabar yaa...

5. Kacang-kacangan (Pea)

Yang Selena maksud adalah kacang yang buahnya seperti di gambar ya; termasuk: kacang panjang, buncis, kapri, kedelai, dst; tidak termasuk kacang tanah. Selain mudah tumbuh dan tidak rewel perawatannya, kacang-kacangan ini juga memiliki bunga yang indah lho.

6. Cabai

Selena sering melihat di youtube, kalau para pekebun di negara-negara barat mengeluhkan tingkat sprouting cabai yang rendah. Hihihi, kasihan. Cabai itu memang tercipta untuk tumbuh di lingkungan tropis seperti negara kita ini. Sangat mudah tumbuh dan merawatnya, selama mendapat cukup matahari dan nutrisi.

7. Tomat

Memiliki tingkat kesulitan sedikit di atas cabai. tapi tetap mudah kok menanamnya.

8. Wortel

Ternyata wortel dapat ditanam menggunakan kontainer, baskom, atau pot yang agak besar, jadi tidak harus ditanam di tanah terbuka.

9. Keluarga Cucumis (Melon, Blewah, Mentimun, Labu)

Selena baru saja menanam blewah, dan dapat memberikan kesaksian. Mereka sangat mudah tumbuh dan toleran. Tapi ingat ya, Sobat Bumi, keempat tanaman ini adalah keluarga merambat, ketika mereka tumbuh besar mereka dapat menjalar menguasai lahan di sekitarnya. Jadi kalau Sobat Bumi hanya memiliki lahan tanam berukuran kecil, sebaiknya kalian segera mempersiapkan teralis atau pagar rambatan untuk mereka.

10. Selada

Selada Selena taruh di urutan terakhir, karena agak sulit sprouting di daerah bersuhu hangat seperti Jakarta dan Surabaya. Tapi kalau tahu tricknya, ternyata menanam selada cukup mudah.

Nah, tanaman-tanaman mana yang pingin kamu tanam?

sumber inspirasi: Mother Nature Network

Follow Me
  • Facebook Social Icon
  • button_instagram
  • button_tokopedia
  • button_bukalapak
bottom of page